-->
  • Keunikan Danau Kembar Di Alaham Panjang, Sumatera Barat


    Danau Kembar menjadi sangat unik karena terbagi atas tiga danau yang posisinya sangat berdekatan dan menghadirkan pemandangan alam yang sangat indah. Untuk dapat menikmati pemandangan ketiga danau tersebut bisa dinikmati dari beberapa tempat-tempat tinggi dan panorama-panorama yang ada didaerah Alahan Panjang Kabupaten Solok ini, seperti dari Puncak Gumanti, tidak cuma itu dari puncak tersebut kita juga bisa menyaksikan megahnya pemandangan alam dengan pemandangan ketiga danau tersebut yaitu Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Talang ditambah dari kejauhan terlihat danau Singkarak. Namun yang terkenal dan sering di ekspose adalah Danau Diatas dan Danau Dibawah, sementara Danau Talang jarang diekspos dikarenakan akses menuju danau tersebut yang cukup rumit.
    Keoriginalan dan keasrian alam Danau Kembar memperlihatkan kekentalan budaya khas minang yang ada di daerah tersebut. Hal ini terlihat dari kebiasaan sehari-hari masyarakat yang masih menjunjung tinggi adat budaya minang. Daerah Alahan Panjang dan Danau Kembar juga terkenal dengan suhu daerah yang sangat dingin, pada malam hari di musim dingin bisa mencapai 3 derajat celcius dan 8 derajat celcius pada malam hari dimusim panas. Sehingga pengunjung harus siap beradaptasi dengan kebiasaan masyarakat setempat dengan memakai pakaian yang tebal dan sarung.
    Menurut beberapa sumber mengatakan Danau Kembar terbentuk karena aktivitas vulkanik ribuan tahun lalu yang membetuk konstruksi daerah perbukitan yang bergelombang dengan lahan hijau yang menghampar disekelilingnya. Sehingga daerah ini juga sangat cocok dan ideal sebagai daerah pertanian. Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga tumbuh subur didaerah ini. Salah satu yang menjadi andalan adalah buah markisa, yang dijajakan disepanjang jalan menuju lokasi wisata khas minang ini.
    Jika kita memulai perjalanan dari Kota Padang untuk sampai ke Daerah Danau kembar hanya 50 km dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam perjalanan melewati beberapa kawasaan wisata lain yang ada di Sumatera Barat, seperti Panorama Sitinjau Lauik, Kebun Teh yang menghampar dikaki Gunung Talang.
    Siapapun pasti ingin menikmati keindahan alam Danau Kembar dengan sensasi cuaca dinginnya.
  • You might also like

    Tidak ada komentar: