-->
  • Jembatan Akar Persisir Selatan

    Selayang pandang Jembatan unik yang diperkirakan telah berumur 100 tahun lebih ini dibangun dengan merangkai dua akar pohon Kubang (Ficus Sp) yang tumbuh di masing-masing sisi sungai. Jembatan yang menjadi wisata alam ini masih kokoh membentangi aliran sungai Batang Bayang di kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, 88 Km dari pusat kota Padang.

    jembatan akar khas minang
    Jembatan unik khas minang kabau.

    Berdasarkan sumber yang ada terpercaya, jembatan ini membutuhkan waktu selama 26 tahun untuk menyelesaikan jalinan kedua akar pohon tersebut sihingga berhasil dibentuk menjadi sebuah jembatan yang menghubungkan dua kampung yang dipisahkan oleh sungai. Seorang ulama bernama Pakih Sokan yang konon katanya mempunyai ide untuk membangun jembatan yang menjadi icon sungai batang bayang. berdasarkan keterangan penduduk setempat, pembangunan jembatan akar ini dimulai dari tahun 1890 – 1916. Memiliki panjang sekitar 25 Meter dan Lebar 1,5 Meter, jembatan hidup ini memang menarik untuk dikunjungi, apalagi, dengan suguhan air sungai/batang Bayang yang bersih dan jernih untuk sekedar berendam ataupun berenang.
    Bagian yang unik adalah dengan bertambah kuatnya jembatan seiring dengan bertambahnya usia jembatan. Hal ini berbeda dengan jembatan biasa yang akan semakin rentan dengan bertambahnya usia. Dengan panjang 25 meter, jembatan akar ini lebih panjang dari jembatan akar di Badui Jawa Barat dan jembatan akar yang ada di Jepang.
    Untuk menuju Jembatan Akar (Jambatan Aka) wisatawan bisa menempuhnya dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Perjalanan di mulai dari kota Padang menuju Painan, ibukota kabupaten Pesisir Selatan. Kemudian dari Painan dilanjutkan menuju kecamatan Bayang. Tidak perlu khawatir soal akomodasi, disekitar kecamatan bayang terdapat banyak peninapan mulai dari hotel, motel dan wisma. Untuk anda yang ingin berwisata kuliner terdapat restoran-restoran yang menyajikan aneka Masakan Khas Minang. Jadi tunggu apalagi, jika anda sedang berkunjung ke tanah minang, mungkin tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu keajaiban alam Sumatra Barat yang masih alami ini. Pemandangan yang asri dan keramahan penduduk setempat akan membuat kita betah berlama-lama disini.
  • You might also like

    Tidak ada komentar: