-->
  • Danau Singkarak


    Danau yang terletak di dua kabupaten di Sumatera Barat ini, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar merupakan danau terbesar ke dua di Sumatera setelah Danau Toba, dan terbesar di Sumatera Barat. Luas danau Singkarak mencapai sekitar 129,7 km2 dengan panjang sekitar 20 km dan lebar 6 km. Berkunjung ke Sumatera Barat, memang tidak lengkap jika tidak berkunjung ke danau ini. “rugi wak” kata orang minang.
    Wikipedia memuat bahwa ada 19 spesies ikan yang hidup di danau singkarak. Tiga spesies di antaranya memiliki populasi kepadatan tinggi, yakni ikan Bilih/Biko (Mystacoleusus padangensis Blkr), Asang/Nilem (Osteochilus brachmoides) dan Rinuak. Ikan Bilih menjadi kuliner unik mungkin, karna ikan kecil ini hanya bisa ditemui dan hanya bisa hidup di Danau Singakrak, danau kawah dengan pemandangan vulkanik yang dramatis (menurut Wonderful Indonesia .web)
    Danau yang terletak sekitar 60 km dari kota Padang memang pantas menjadi tujuan utama para pengunjung yang memang sengaja untuk berkunjung ke Kabupaten Solok atau Tanah Datar. Pengunjung yang ingin menikmati wisata alam Danau Singkarak ini sebagian besar dari mereka lebih memilih untuk menikmati danau dengan menghabiskan setidaknya hingga satu malam untuk bisa puas menikmati keindahan alamnya. ada banyak hotel dan penginapan dengan berbagai pelayanan menawarkan kenyamanan sebagai tempat untuk beristirahat dan restoran untuk menikmati kuliner khas minang tentunya. Tepian danau yang sebagian nya adalah jalan raya dan rel kereta api, memang sangat eksotis, tidak salah danau ini menjadi pusat dari event terbesar di Indonesia yaitu Tour De Singkarak.
    Tour de Singkarak merupakan Event perhelatan bersepeda Intenasional yang diadakan setiap tahunnya. Tentu tidak aneh mengapa event yang melibatkan ratusan pembalap sepeda diseluruh dunia diambil dari nama danau singkarak ini. Selain untuk memperkenalkan di mata dunia bahwa indonesia punya kekayaan pariwisata yang alami seperti yang dimiliki danau singkarak ini, juga memperkenalkan kekayaan alami yang dimiliki Danau Kembar di Alahan Panjang dan Danau Maninjau di Kabupaten Agam.
    Banyak Kegiatan Liburan yang ditawarkan oleh danau ini, pengunjung bisa menguji pengetahuan bahari dengan menjelajahi Danau Singkarak dengan sampan atau perahu sewaan yang bisa disewa disana. atau sekedar untuk bersantai dengan berenang dipingggir danau menjadi bagian favorit juga untuk menghabiskan waktu dan menikmati alam sekitar Danau Singkarak ini. Kegiatan lain yang cukup seru adalah dengan mencoba keberuntungan dan uji keterampilan dengan memancing menangkap Ikan Bilih yang terkenal itu. dan itu tidak cukup rasanya jika berkunjung ke Danau Singkarak melewatkan untuk menikmati alam sekitar dengan mengunjungi Puncak desa Belimbing. Ini Surga Indonesia.
  • You might also like

    Tidak ada komentar: